Teknologi Baru, Jubah Tembus Pandang Harry Potter Telah Dipelajari Ilmuwan Fisika Jerman dan Selandia Baru

harry potter terbang

Kamu penggemar penyihir yang berkacamata ? yups Harry Potter, pasti sangat akrab dengan jubah yang dimiliki penyihir ini.  Harry Potter mempunyai jubah misterius yang bisa dia gunakan untuk bersembunyi. Ini terjadi karena jubah yang di milikinya punya kemampuan tembus pandang.

Beberapa waktu lalu, sebuah hasil dari pembelajaran mengungkapkan bahwa jubah tembus pandang bisa dibuat secara ilmiah. Fisikawan, Jad Halimeh di Ludwig Maximilian University of Munich, Jerman, dan rekannya Robert Thompson di University of Otago, Selandia Baru, telah merilis sebuah paper tentang keterbatasan jubah tembus pandang dalam edisi terbaru dari Physical Review A.

Baca Juga: Robot Baru Google Yang Akan Membunuhmu

Meski demikian,  duo fisikawan ini menyatakan jika jubah ini mungkin akan dikenakan secara relativitas khusus yaitu berarti bahwa jubah tembus pandang terbaik saat ini hanya akan mampu membuat objek transparan sebagian saja, karena mereka akan mendapatkan distorsi yang terlihat jelas dari gerakan. Ini akan menghasilkan sebuah jubah seperti jubahnya Harry Potter, hanya saja lebih mirip seperti makhluk tembus di film ‘Predator’ 1987 .

Gambaran umum tentang kerja jubah ini adalah sebuah Jubah misterius yang bisa dibilang gaib akan bekerja dengan mengalihkan jalur cahaya di sekitar objek sehingga diteruskan di sisi lain seolah-olah objek tidak ada di sana.

Baca Juga: BB Sphero, Robot baru Stars Wars

Sebagai informasi, dalam penelitian sebelumnya, para ilmuwan juga sudah menemukan masalah dengan cara kerja jubah ini. Jalan cahaya yang lurus langsung dan melalui sebuah daerah ruang selalu lebih pendek dari jalan kurva di seluruh wilayah sehingga akan ini mengakibatkan termakanya waktu lebih lama untuk cahaya yang berjalan ke sekitar objek persembunyian dibandingkan dengan bergerak secara langsung. Waktu tunda inilah yang dapat menyebabkan distorsi penglihatan.

Walaupun sebenarnya kedua ilmuwan fisika ini masih mencari dampak negatif dan positif dari teknologi baru ini, mereka berharap tekhnologi ini akan mempermudah kehidupan kita dimasa depan. 

Paling Baru's picture
Last seen: 13 hours 9 min ago
Joined: 1 Feb 2014 - 03:18