Sandwich Pecel, Kreasi Kuliner Unik Perpaduan Eropa dan Indonesia!

PiBi! Siapa yang gak tau pecel? Pasti kalian tau dan udah pernah makan juga kan! Pecel merupakan makanan tradisional khas Indonesia, berbagai daerah di Indonesia terutama di Pulau Jawa memiliki pecel khas masing-masing. Seperti Pecel Kediri yang berasal dari Kediri, Pecel Tumpang berasal dari Tumpang dan yang paling terkenal adalah Pecel Madiun. Berbeda dengan pecel pada umumnya, kali ini ada inovasi terbaru, yaitu Sandwich Pecel! Penasaran? Baca terus sampai bawah!

Sandwich pecel merupakan inovasi kuliner terbaru dan terunik yang diciptakan oleh Aston Madiun Hotel & Converence Center. Makanan ini merupakan perpaduan antara Eropa dengan Madiun. Biasanya pecel disajikan dengan nasi, tetapi di Hotel Aston Madiun pecel disajikan dengan roti. Rasanya tetap enak dan nikmat!

Baca Juga: Little Flinders Cafe, Surga Makanan Sehat Dan Nikmat Tersembunyi Di Bali!

Ide pembuatan sandwich pecel muncul dari sang ahli masak (chef), ia menginginkan pecel dapat lebih dikenal lagi diseluruh belahan dunia dan semua orang dapat menikmatinya. Karena tidak semua orang dapat memakan nasi, dengan adanya sandwich pecel ini diharapkan semua orang dapat menikmati pecel. Meskipun sandwich pecel merupakan perpaduan antara Eropa dengan khas Madiun, sayuran yang digunakan tetap sayuran khas pecel.

sandwich pecel (foto: lensa indonesia)

Baca Juga: Pokzilla, Cheesy BBQ Yang Lumer Di Mulut! Ter-Hits di Surabaya!

Untuk membuat sandwich pecel, bahan yang harus dipersiapkan untuk pembuatan pecel antara lain kenikir, daun singkong, daun pepaya, daun bayam, bunga turi, toge, kubis, tempe/tahu, telur, serta sambal pecel. Untuk roti tawar yang digunakan membuat sandwich bisa menggunakan roti tawar jenis apa pun. Sediakan pula dua jenis sambal pecel yaitu satu jenis sambal pecel yang diberi air hingga agak encer dan satu jenis sambal yang menggumpal/kadar airnya sedikit.

Baca Juga: 5 Es Krim Korea Paling Lucu Dan Populer Banget!

Lalu ambil tiga potong roti tawar dan letakkan dipiring. Ambil satu potong roti tawar diolesi dengan sambal pecel yang kadar air sedikit secara merata di permukaan roti. Setelah itu, di permukaan roti yang diolesi sambal pecel diberi tempe yang diiris tipis hingga memenuhi permukaan roti dan diolesi sambal pecel. Setelah itu ditutup dengan satu potong roti tawar. Selanjutnya, roti tawar itu ditutup dengan campuran sayur-sayuran dan dicampur dengan sambal pecel cair. Pastikan sayuran menutupi seluruh permukaan roti tawar. Kemudian, letakkan telur dadar atau telur ceplok di permukaan sayuran itu dan ditambah potongan paru goreng yang diiris tipis. Terakhir, olesi dengan sambal pecel dan ditutup dengan irisan kubis serta ditutup dengan roti tawar. Jadi deh sandwich pecel yang penuh protein dan kaya serat!

Jika kamu berkunjung ke Madiun wajib mampir di Hotel Aston ya untuk menikmati sandwich pecel. Oya, stok terbatas alias limited edition, jika kamu beruntung maka kamu bisa mencoba sandwich pecel pertama di Indonesia ini! (TR)

Paling Baru's picture
Last seen: 6 hours 13 min ago
Joined: 1 Feb 2014 - 03:18