Manfaat Terbaru dari Cabai. Dibalik Pedasnya, Menyimpan Sejuta Kebaikan Untuk Kesehatan!

Hi Pals!

Kamu suka makan pedas? Beruntunglah kamu yang sangat menikmati makan-makanan pedas dan tidak bisa hidup tanpa makan cabai. Jika kamu tidak suka pedas, mulai sekarang harus belajar makan-makanan pedas yaa. Karena, berdasarkan penelitian di Inggris dan Australia dibalik “pedasnya” terdapat manfaat kesehatan untuk tubuh kita.

Menurut Dr. Khurseed Jeejeebhoy, ahli penyakit dalam dari University Of Toronto, menganjurkan untuk mengkonsumsi makanan pedas secara teratur dan tidak berlebihan terbukti baik untuk meningkatkan kualitas kesehatan tubuh serta mengurangi resiko kanker. Berikut beberapa manfaat dari makan-makanan pedas:

1. Meredakan Flu

Di dalam cabai, terkandung zat Capsaicin yang diketahui membantu meningkatkan pengeluaran keringat dan menghilangkan gejala flu yang mengganggu. Makanan pedas juga akan membantu membuka jalan napas, mengurangi sinusitis, dan gejala flu lainnya. Jadi, kalo kamu sedang flu, buru-buru deh makan-makanan pedas biar flu bye-bye!

Baca Juga: Look Fat!! Complete Event di Trans Studio Mall Bandung 20-24 April 2016

2. Penyembuh Luka

Untuk penyembuh luka, cabai merah yang dikeringkan dan ditumbuk sampai halus bila ditaburkan pada luka dapat mempercepat proses penyembuhan luka.

Manfaat cabai banyakl (foto Pixabay)

3. Memperkecil Resiko Terserang Stroke

Dengan mengkonsumsi cabai secara rutin darah akan tetap encer dan kerak lemak pada pembuluh darah tidak akan terbentuk. Sehingga, darah akan mengalir dengan lancar. Jadi, cabai juga berkhasiat mengurangi terjadinya penggumpalan darah (trombosis). Kalo kamu hobi banget makan daging atau jeroan, harus diimbangi dengan makan cabai yaa biar gak jadi kolestrol!

4. Memperbaiki Fungsi Pencernaan dan Menurunkan Berat Badan

Manfaat cabai dalam saluran cerna adalah meningkatkan sirkulasi darah di dalam perut dan meningkatkan lapisan mukus. Capsaicin membantu membunuh bakteri H.pylori penyebab sakit maag. Zat Capsaicin juga mempercepat metabolism dan membantu tubuh untuk membakar kalori lebih cepat. Cocok buat kamu yang lagi diet!

Baca Juga: Fenomena Baru Food Truck Yang Semakin Menjamur dan Digemari Seluruh Kalangan!

5. Menyehatkan Jantung

Cabai menyehatkan jantung dengan cara mencegah pembekuan darah. Penelitian menunjukkan kadar kolesterol jahat bisa mencegah oksidasi yang bisa menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Capsaicin juga efektif melawan inflamasi, yang diidentifikasi sebagai faktor utama resiko penyakit jantung.

Cabai menyehatkan Jantung (foto Pixabay) 

6. Antikanker

Banyak penelitian menunjukkan konsumsi teratur makanan pedas akan mengurangi risiko kanker. Zat Capsaicin yang terkandung di dalam cabai akan memperlambat pertumbuhan sel kanker. Serta, sel-sel kanker mati tanpa merusak sel sehat di sekitarnya.

Baca Juga: 5 Kuliner di Banyuwangi yang Tidak Boleh di Lewatkan! Nikmat dan Mantap Abis!!

7. Melancarkan Pernapasan

Makanan pedas bertindak seperti espektoran dan membantu penderita asma, bronkitis kronik, sinusitis, dan penyakit pernapasan lainnya bernapas lebih baik. Sehingga, sehabis makan pedas hidung kamu akan terasa lebih enteng dan lega. (TR)

Paling Baru's picture
Last seen: 23 hours 15 min ago
Joined: 1 Feb 2014 - 03:18