6 Cara Rahasia Untuk Menghemat Kuota Internet Androidmu

6 Cara Rahasia Untuk Menghemat Kuota Internet Androidmu

Berapa kuota internet yang kamu habiskan setiap bulannya? 2GB atau 10 GB per bulan? Apakah paket internetmu bulan ini mencukupi? Sudahkah sesuai dengan rencanamu untuk membeli paket internet sesuai kebutuhan?

Berapapun rencana dan paket per bulan, kalau bukan paket unlimited dan kamu tidak tahu cara rahasia menghemat kuota internet Android, kamu akan tetap saja merasakan masalah yang paling menyebalkan, yaitu, kehabisan kuota internet.

Apalagi, masalah paling menyebalkan ini terjadi saat kamu sedang asyik-asyiknya bermain game, menunggu chat penting atau sedang serius menelpon dan video call-an ke  temanmu.

Kalau kamu nggak mau merasakan masalah paling menyebalkan tersebut, luangkan waktu beberapa menit untuk menyesuaikan beberapa pengaturan sistem dan aplikasi untuk meminimalisir penggunaan data yang tidak perlu.  Langsung saja simak 6 cara rahasia untuk menghemat kuota internetmu pada Android.

Google Data Saver

Browser favoritmu, Google Chome, punya fitur rahasia yang tidak semua orang tahu, yaitu, Data Saver. Apa itu? Data Saver dari Google Chrome adalah fitur yang berguna untuk mengurangi penggunaan kuota internet ketika kamu mengunjungi suatu situs. Dia akan mengompres data situs sebelum situs itu tampil di layarmu. Jadi, fitur ini akan membuat kuota internetmu lebih hemat.

Caranya cukup gampang. Kamu hanya perlu waktu 2 detik untuk mengaktifkan fitur ini. Pertama, kamu buka aplikasi Google Chrome => klik menu => settings => klik menu "Data Saver" => kemudian klik geser tombol menjadi ON.

Setelah aktif, akan muncul grafik data savings yang menginformasikan berapa ukuran asli dari situs yang kamu buka dan berapa ukuran data setelah dikompres.

cara mengaktifkan Google Saver (sumber: CNET)

Oh iya, pastikan kamu sudah mengunduh Google Chrome versi paling baru. Ingat, fitur ini hanya akan menghemat askes internet pada aplikasi browser Google Chrome saja, bukan untuk menghemat seluruh akses internet yang berjalan untuk Androidmu.

Mengurangi Kualitas Streaming

Layanan streaming memang sangat menggoda, entah itu film, video atau musik. Tapi, kalau streaming, kuota data internetmu juga akan cepat habis kalau kamu pakai seharian nonton video dan mendengarkan musik kesukaanmu. Sekarang ini, banyak layanan video dan film streaming yang bisa kamu nikmati, salah satunya Netflix.

Nah, kalau kamu sering menggunakan Netflix, supaya kuotamu nggak boros, kamu bisa mengantisipasi menghemat kuota internetmu dengan menyesuaikan pengaturan pada aplikasi Netflix sendiri.

Caranya, setelah kamu membuka aplikasi Netflix, kamu bisa masuk ke App settings => Cellular Data Usage => pilihlah yang Low.

Selain layanan Netflix, ada juga aplikasi bertukar pesan dengan video dan foto, yaitu, Snapchat. Jika kamu suka menggunakan Snapchat, di dalamnya ada fitur yang bernama Travel Mode. Fitur ini kalau kamu aktifkan maka video dan foto dari Snaps, Stories dan Discovery tidak langsung terunduh seperti biasanya.

cara menghemat kuota netflix dan snapchat

Jadi, ketika kamu tidak ingin melihat video atau foto, kamu tidak perlu mengunduhnya. Tapi kebalikannya, ketika kamu ingin melihat video dan foto, maka kamu harus mengunduhnya secara manual satu per satu. Alhasil, kuotamu hanya dipakai untuk hal yang kamu butuhkan.

Sedangkan untuk streaming music menggunakan JOOX Music, kamu bisa mengurangi kualitas streaming-nya. Nah untuk caranya, kamu bisa masuk ke tab My Music. Lalu, di samping namamu ada simbol menu Settings => pilih General => lalu pilih Streaming Quality => pilih yang Low.

 

cara menghemat kuota JOOX Music

Selain ketiga aplikasi di atas, masih banyak aplikasi lain yang bisa kita kurangi kualitas streaming-nya. Jangan lupa untuk mengecek semua aplikasi yang berbasis streaming pada bagian pengaturan seperti tadi, ya.

Hapus Aplikasi Facebook

Banyak orang tidak sadar kalau tampilan aplikasi Facebook hampir sama dengan versi mobile web-nya. Padahal, kuota yang digunakan jauh lebih banyak pada aplikasi. Ini terjadi karena aplikasi Facebook masih melakukan aktivitas pada layar belakang, seperti memberitahu notifikasi.

Sedangkan ketika kamu menggunakan Facebook versi web mobile-nya, kamu tetap akan mendapat tanda notifikasi. Tapi, kamu akan membuka Facebook hanya pada saat kamu ingin membukaFfacebook saja. Jadi, kuotamu akan terpakai sesuai dengan kebutuhanmu.

Tampilan Facebook yang hampir sama (sumber: ignorecode)

Kelola Layanan Sinkronisasi Akun Google

Ketika kamu menambahkan Akun Google pada ponsel Androidmu. Google akan mulai mensinkronkan semua yang ada di akun Googlemu. Tapi, tidak semua yang disinkronkan ini kamu gunakan, jadi sebaiknya kamu matikan saja layanan sinkronisasi yang tidak perlu.

Walaupun tidak memakan banyak data, tapi dengan ini akan sedikit membantu mengurangi kuotamu yang terbuang sia-sia. Caranya, kamu bisa masuk ke Setting => Account => Google => pilih akunmu => centang item yang ingin kamu sinkronkan dan hapus centang pada item yang tidak ingin kamu sinkronkan. 

Batasi Backgound Data

Ketika ponselmu terkunci, banyak aplikasi yang berjalan di belakang layar, seperti mengecek emailmu, memperbarui feed pada media sosial dan lainnya.

Kamu bisa menonaktifkan backgound data dengan membuka Setting => Data Usage => klik tombol menu => Restrict Backgound Data => Ok

Dengan mengaktifkan Restrict Background Data, aplikasi hanya akan menggunakan data ketika kamu sedang aktif menggunakan ponselmu atau ketika ponselmu terhubung ke Wi-fi.

Cara mengaktifkan Restrict Backgound Data (sumber: CNET)

Melakukan Identifikasi Aplikasi Boros Data

Cara yang terakhir ini adalah kamu harus selalu mengecek aplikasi mana yang menyerap data paling banyak dengan masuk ke Settings => Data Usage. Ketika kamu sudah menemukan aplikasi yang banyak menyedot data, tinggal kamu pilih, sekiranya aplikasi itu menurutmu tidak penting, kamu bisa uninstall saat itu juga. Selain itu, kamu juga bisa melihat pemakaian data melalui menu ini kapanpun dan sesuai periode yang kamu inginkan. 

Semoga bermanfaat!

(FM/RF/ST)

Baca Juga: 

Facebook Baru Saja Meluncurlan Surround 360, Kamera 360 Derajat Baru!

e-Wadul, Aplikasi Android untuk Keluh Kesah Warga Surabaya

Asisten Pribadi "Google Now" Upgrade Suara Baru, Saatnya Membandingkan Dengan Suara Siri dan Cortana!

ASUS Zenbo, Asisten Keluarga yang Lucu dan Serbaguna

Google Berjanji Pengguna Android Akan Segera Bisa Menikmati Fitur Google GBoard

Tags: 
Paling Baru's picture
Last seen: 5 hours 38 min ago
Joined: 1 Feb 2014 - 03:18