Cara Menggambar Menggunakan Pena 3Doodler, Pena Tiga Dimensi Pertama di Dunia.

Cara Menggambar Menggunakan Pena 3Doodler

Tidak dapat dipungkiri bahwa teknologi 3D printing telah semakin marak dan berkembang setiap saat. Setelah mendapati teknologi 3D printing dengan menggunakan mesin cetak yang umum terdapat di pasaran, kali ini terdapat kreasi “mesin cetak” 3D yang cukup unik. Bagaimana tidak? Kamu bisa langsung menggambar sekaligus mencetak menggunakan sebuah pena.

Menggambar Menggunakan 3Doodler (sumber: 3printerprices)

3Doodler merupakan sebuah pena 3D yang bisa dipakai untuk merancang objek dalam wujud 3 dimensi (memiliki panjang, lebar dan tinggi). Perbedaan dengan pena biasa adalah harus memasukkan bahan plastik filamen ke dalam pena ini sebelum dapat langsung menggambar desain yang diinginkan. Pena ini akan melelehkan bahan plastik tersebut yang kemudian menjadi “tinta” dari pena tersebut. Tinta ini akan menjadi dingin dengan sendirinya ketika pena mulai digunakan, memungkinkan pengguna untuk secara langsung “menggambar” secara harafiah di atas udara kosong sekaligus mencetak hasil karyanya tersebut dengan bebas tanpa memerlukan software tambahan lagi.

Nah, kali ini tim palingbaru akan memberikan tips cara menggambar menggunakan pena 3Doodler ini.

The World's First 3D Printing Pen (sumber: youtube)

Menggambar menggunakan 3Doodler sebenarnya susah-susah gampang, kamu hanya perlu suka menggambar dan selalu menggambar setiap hari. Untuk tutorial menggambar menggunakan 3Doodler ini dikutip dari situs resmi 3Doodler, akan langsung dari sumber yang memang ahli dibidang 3D modeling. Dia adalah Daichi Ito, seorang artis, animator dan juga illustrator asal Jepang lulusan San Jose State University. Daichi merupakan seorang experience designer di salah satu perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia, Adobe.

1. Mengumpulkan foto sebagai contoh gambar yang akan kamu “doodling” nantinya

Daichi merekomendasikan untuk mengumpulkan terlebih dahulu beberapa foto sebagai contoh sebelum kamu mulai men-doodling. Tenang saja, kamu tetap bisa membuat sesuatu yang original, tapi cara ini membantu untuk membayangkan bentuk akhir dari doodle yang akan kamu inginkan. Perlu diingat, untuk bisa mengerti tentang konstruksi sebuah objek membutuhkan waktu yang lama.

2. Buatlah suatu karya berupa sebuah objek yang mudah terlebih dahulu

Jangan mencoba untuk membuat sebuah kastil atau bangunan yang spektakuler pada percobaan pertamamu, cobalah untuk membuat sesuatu yang mudah dan menyenangkan seperti contohnya klip kertas. Mudah dan menyenangkan. Setelah kamu mulai terbiasa menggunakan pena 3D ini, kamu bisa mencoba membuat suatu benda yang lebih kompleks.

3. Buatlah sketsa terlebih dahulu di atas papan gambar

Sketsa Mobil Tampak Atas (sumber: bksketch)

Akan lebih mudah jika sebelum menggunakan pen 3D, kamu mulai dengan menggambar sketsa objek nampak atas terlebih dahulu seperti gambar di atas. Media yang digunakan juga tidak boleh sembarangan. Dibutuhkan sebuah media dengan permukaan yang tidak lengket dan solid alias agak tebal seperti contohnya kertas karton atau art paper.

4. Buat pondasi terlebih dahulu

Jika sudah membuat sketsa, kamu bisa memulai men-doodle dimulai dari pondasinya terlebih dahulu. Hal itu akan mempermudah kamu dalam belajar membuat sebuah objek yang lebih kompleks.

5. Mulailah dari bawah ke atas, dari dalam kearah luar

Jika kamu mulai membuat suatu bentuk yang kompleks seperti sebuah bangunan, lakukanlah hal ini. Jika pada lantai dasar terdapat suatu objek, buatlah terlebih dahulu sebelum “membangun” lantai berikutnya. Kamu tidak akan bisa menambah property di dalam bangunanmu jika kamu sudah menyelesaikan dindingnya.

6. Berkaryalah di tempat dengan sirkulasi udara yang terbuka

Ini adalah tips yang terakhir, yaitu bukalah jendela rumahmu agar sirkulasi dalam ruangan menjadi lancar. Selamat mencoba.

3D Sketch with 3Doodler (convertible car) by Daichi (sumber: youtube)

(ST)

Baca Juga:

Mendesain Dinding Ruangan Menggunakan Teknik Brush Lettering

Yuk Intip 5 Dekorasi Cantik Meja Makan Untuk Berbagai Kebutuhan Acaramu!

Wisanka, Mebel Ramah Lingkungan Asli Indonesia dengan Kualitas Mancanegara

Kolam Renang Palsu, Desain Interior Unik dari Jepang!

Desain Liontin Bebatuan Paling Baru yang Diambil dari Ukraina dan Inggris

Paling Baru's picture
Last seen: 2 min 12 sec ago
Joined: 1 Feb 2014 - 03:18