Melakukan Kebaikan Bisa Meningkatkan Kesehatan dan Kebahagiaanmu

Melakukan Kebaikan Bisa Meningkatkan Kesehatan dan Kebahagiaanmu

“Perlakukan orang lain sebagaimana kamu ingin diperlakukan.”

Kurang lebih itulah salah satu kutipan terkenal yang mengingatkan kita untuk selalu berbuat baik dan menghargai orang lain selayaknya kita ingin dihargai juga. Rupanya kutipan tersebut punya arti yang lebih dalam, lho.

Berdasarkan sebuah riset yang dipublikasikan oleh jurnal Psikologi, Psychology Today, ternyata hubungan sosial yang kuat itu sama pentingnya dengan menghindari rokok atau obesitas. University of British Columbia pernah melakukan riset yang melibatkan orang-orang dengan tingkat kekhawatiran tinggi untuk berbuat kebaikan kepada orang lain selama minimal enam minggu.

Kebaikan tersebut termasuk membukakan pintu untuk orang lain, donasi amal, dan memberikan makan siang untuk teman. Para peneliti University of British Columbia menemukan bahwa berbuat kebaikan kepada orang lain berpengaruh terhadap peningkatan suasana hati positif yang signifikan. Level kekhawatiran mereka pun semakin menurun berkat hubungan sosial yang baik.

(sumber: Pinterest)

Menurut Sonja Lyubomirsky, Ph.D, seorang profesor psikologi di University of California, orang-orang yang sering melakukan kepada orang lain akan menjadi semakin bahagia. “Saat kamu berbuat baik, kamu akan merasa baik juga terhadap dirimu. Kamu lebih bermoral, optimis, dan positif,” ungkap Lyubomirsky yang sudah mempelajari tentang kebahagiaan selama lebih dari 20 tahun.

Dr David R. Hamilton menambahkan dengan berbuat baik kita menciptakan kehangatan emosional yang kemudian mengeluarkan dan meningkatkan hormon oxytocin. Hormon oxytocin berfungsi untuk menurunkan tekanan darah. Artinya, hormon ini melindungi hati dengan menurunkan tekanan darah.

Peneliti dari Case Western Reserve University School of Medicine juga menemukan ketika kita tidak egois dan bersikap melayani, kualitas hidup kita akan meningkat: mulai dari kepuasan hidup hingga kesehatan fisik. Tingkat harapan hidup lebih baik, depresi berkurang, dan keberuntungan meningkat.

(sumber: Pinterest)

Berbuat kebaikan tentu seharusnya bukan karena ada yang memperhatikan atau mengharapkan imbalan. Tetapi, kita bisa memetik manfaat dari bertindak baik kepada orang lain. Nah, bagaimana kalau mulai dari sekarang kita melakukan minimal satu kebaikan setiap harinya? Selain kita bisa lebih sehat dan bahagia, dunia pun bisa jadi lebih indah dan damai, kan? Hehehe…

(RF)

Baca Juga: 

7 Tanda Kamu Mengorbankan Kesehatanmu Demi Pekerjaan

Tidur Siang Dapat Membuatmu Semakin Kreatif, Lho! Kok Bisa?

3 Jenis Makanan yang Kita Pikir Sehat Ini Ternyata Buruk Bagi Kesehatan

Sudah Tahukah Kamu 2 Tren Kesehatan yang Sedang Hits Tahun 2016 Ini?

Cold Press Juice, Jus Buah dan Sayur Segar yang Praktis Dibawa Kemana Saja

Tags: 
Paling Baru's picture
Last seen: 1 hour 23 min ago
Joined: 1 Feb 2014 - 03:18