Surabaya North Quay, Sunset Romantis di Atas Kapal

Surabaya North Quay, Sunset Romantis di Atas Kapal

Bisa dibilang, Sunset adalah salah satu cara Sang Surya menunjukan keromantisannya kepada kita.

Suatu hal yang biasa, ketika kita menikmati romantisnya sang surya di atas gedung. Tapi, bagaimana jika melihat Sunset di atas kapal? Berfantasy, sama seperti pada film Titanic? Mungkin, kamu akan merasa menjadi Jack dan Rose, hahaha. Mau?

Kini kita bisa menikmati senja yang romantis seperti pada film Titanic tersebut di Kota Pahlawan, Surabaya. Tepatnya di Pelabuhan Tanjung Perak, lantai 3 Gedung Gapura Surya Nusantara. Namanya, Surabaya North Quay.  

Sebelum sampai ketempat ini, beberapa orang yang belum pernah ketempat ini, pasti sedikit bingung dan akan muncul pertanyaan, seperti "tempatnya dimana?", "masuknya lewat mana?", "berapa harga tiket masuknya?". Wajar, karena selain pelabuhan tanjung perak yang sangat luas, Surabaya North Quay benar-benar memiliki lokasi yang sangat unik. Tepat di akhir dari jalan Perak Barat, karena di balik Gedung Gapura Surya Nusantara tersebut sudah tidak ada jalan dan hanya lautan.

Intinya, jangan lupa lihat google maps, masuk aja ke gerbang yang ada tulisannya "Welcome to Port of Tg Perak, Surabaya”. Biasanya di pintu masuk pelabuhan sudah ada mbak-mbak cantik yang ramah sambil memberikan tiket masuk area pelabuhan. Dari sana sudah keliatan kok, seperti kapal pesiar yang megah, gedung terminal penumpang Gapura Surya Nusantara terlihat moncongnya, hehehe.

Oiya, terminal penumpang ini standard Internasional lho, jadi ketika kamu masuk dan melangkah menuju lantai 3, kamu akan disuguhkan oleh pemandangan terminal modern yang sangat mewah.

Awal Mula Terbentuknya Surabaya North Quay

"Kenapa ya, Indonesia itu kan negara maritim tapi nggak punya terminal penumpang bagus?" Pertanyaan inilah yang membuat Pelindo III merasa tertantang untuk mendirikan terminal penumpang yang bagus, termasuk ada waving gallery nya. 

Setelah menyelesaikan tantangan tersebut, Direktur Pelindo III ternyata menyadari jika gedungnya (Gapura Surya Nusantara) ini memiliki view yang premium. Dikatakan premium itu karena orang kalau lihat dari jalan, tidak tau jika disebaliknya gedung ini adalah laut.

Ditambah lagi, ternyata lokasi yang sebenarnya untuk waving gallery tersebut memiliki sunset yang terlihat dari lokasi ini begitu romantis dan mempesona karena hasil dari kombinasi lautan dan kapal-kapal yang hendak mendarat. View ini sangatlah Beautiful. Dari sinilah muncul pertanyaan, "kenapa ini tidak untuk warga surabaya saja?" Dari situ, bim salabim jadilah Surabaya North Quay.

Surabaya North Quay

Surabaya North Quay bagian selatan (photo by: hafidznovalsyah)

Terbagi menjadi dua bagian, Outdoor dan Indoor. Pada bagian Outdoor dibagi lagi menjadi dua bagian, bagian utara dan bagian selatan. Nah bingung kan? Hahaha. Jadi begini, kalau kamu ada di bagian selatan, kamu bisa menikmati pemandangan dua jalan yang sejajar lurus dan ketika kamu mengalihkan pandangan ke kanan, kamu akan menikmati kendaraan seperti truk yang sedang bongkar muatan.

Pada bagian utara, kamu bisa melihat laut utara Surabaya yang sangat luas. Ada banyak kapal yang ikut memanjakan mata kita. Toleh kanan dan toleh kiri, kamu akan melihat beberapa kapal yang sedang bongkar muat, kapal yang akan mendarat, dan ketika sore hari, Sunset yang romantis seakan berada diatas kapal, menyempurnakan keindahan Surabaya North Quay.

Diarea outdoor, baik itu bagian utara maupun selatan, telah disediakan beberapa kursi, meja lengkap dengan payungnya yang khusus untuk bersantai sambil menikmati angin sepoi sepoi laut utara Surabaya. Bahkan ada juga matras untuk duduk berjemur seperti bule-bule gtu, hehehe.  Selain itu, seperti pada foto-foto diatas, kamu juga bisa bebarengan dengan pacar atau teman-temanmu ber narsis-narsis ria di depan frame bertulisan “Surabaya North Quay”.  

Narsis dengan pasangan (photo by: Lostpacker.com)

Kalau kamu beruntung, pelabuhan perak ini sangat sering kedatangan kapal Cruise bersandar lho dan di Surabaya North Quay adalah tepat yang paling cocok untuk foto dengan kapal Cruise

Kapal Rotterdam yang sempat bersandar di Pelabuhan Perak (sumber: Pelindo III)

Food Court Surabaya North Quay

Lihat kapal dan lihat laut sambil makan.

Dibagian Indoor lantai 3, ada aneka kuliner khas Surabaya yang disertai dengan aneka kerajinan produk produk UMKM. Semua kuliner yang ada di food Court ini adalah makanan khas Surabaya pribumi, jadi mengingatkan kita kepada masakan nenek kita dulu. Menariknya, semua yang berjualan disini adalah UMKM binaan dari Pelindo III lho, jadi pasti dijamin kalau soal kebersihan, keamanan pangan dan gizi yang ada di dalamnya, hehehe.  Selain itu, setiap Weekend di bagian Indoor pasti ada live musiknya. Jadi sangat cocoklah kalau kamu milih tempat ini menjadi tempat romantis akhir pekan, hehehe.

Kuliner Surabaya North Quay (photo: Diary Sivika)

Oiya, Surabaya North Quay ini bisa juga kamu booking untuk acaramu lho seperti Gathering, Farewell Party, Reuni dan lain-lain. Kira-kira, Surabaya North Quay ini bisa menampung lebih dari 500 orang. Nah kalau kamu berencara untuk memakainya, kamu bisa hubungi pengelola Surabaya North Quay, PT Pelindo Properti Indonesia.

Luthfi Rizqi Noormasfufah

Humas PT Pelindo Properti Indonesia

Telp. 031 3568050

Email : cs@pelindoproperti.co.id

Untuk sementara, Surabaya North Quay pada Agustus ini buka setiap hari, kecuali hari Senin. Tapi, rencana kedepan, Surabaya North Quay akan buka setiap hari lho.  Untuk jam bukanya, Surabaya North Quay bisa kamu nikmati dari jam 11.00 WIB-20.00 WIB.  Tiket masuknya? Gratis! Kamu cukup bayar tiket masuk area pelabuhan aja. Asyikannn? Jadi, masih kurang apa lagi? Ya jelas, kurang kamu kesini. Yuk, nikmati sunset romantis di atas kapal!

(FM)

Baca Juga:

Wedi Ireng: Destinasi Wisata Terbaru di Banyuwangi yang Membuat Anda Serasa Memiliki Pantai Sendiri

Lively Legian Beach Festival 2016, Adat dan Alam bersatu!

Event Seru Akhir Bulan, Korean Music Festival 8 Surabaya!

Festival CoNFeSS 2016 Akan Hadir Bulan Agustus di Surabaya!

Yuk, Shopping Bareng di Event Koperasi & UMKM EXPO 2016!

Paling Baru's picture
Last seen: 8 hours 48 min ago
Joined: 1 Feb 2014 - 03:18