Temuan Terbaru: Coklat Bisa Tingkatkan Performa Olahraga

Kabar gembira bagi Anda penggemar coklat. Selain enak, coklat ternyata juga bisa meningkatkan performa olahraga kita! Berdasarkan studi terbaru yang diterbitkan di Journal of the International Sports Nutrition, konsumsi sedikit dark chocolate bisa membantu meningkatkan kemampuan berolahraga sampai dengan 50 persen. Penelitian ini dilakukan terhadap sembilan orang pria. Selama studi ini, mereka mengkonsumsi sebanyak 40 gram coklat (hitam atau putih) setiap hari selama dua minggu. Setelah dua minggu, mereka menjalani tes bersepeda yang dikayuh dengan dua kecepatan: moderat dan maksimum. Dari sini, dilihat tingkat kesehatan dan serapan oksigen.

Baca juga: Pendekatan Baru Cara Melatih Otak Tetap Terkontrol

 

Dua minggu berikutnya, para lelaki ini mengkonsumsi coklat yang berbeda dari yang mereka makan di dua minggu sebelumnya. Mereka yang sebelumnya mengkonsumsi dark chocolate, giliran untuk mengkonsumsi white chocolate. Begitu pula sebaliknya. Dua minggu berikutnya, mereka kembali ke lab untuk menjalani tes.

Hasilnya, sangatlah menarik. Para lelaki yang mengkonsumsi dark chocolate memiliki performa yang lebih bagus dan menggunakan lebih sedikit oksigen dibandingkan dengan studi awal. Hasil tes ini menunjukkan, mereka bisa mengendarai sepeda lebih lama dan memiliki daya tahan yang lebih kuat dibandingkan dengan kelompok yang mengkonsumsi coklat putih.

Baca juga: Roti Berbentuk Bola Makanan Generasi Terbaru Produk “Eat the Ball”

 

Mengapa bisa demikian? Ini karena coklat hitam – tidak ditambah gula atau ditambah dengan sedikit gula – masih kaya akan kandungan flavonoid. Nah, zat memiliki fungsi untuk meningkatkan aliran darah dan fungsi jantung. Para peneliti di studi terbaru ini menyimpulkan jika flavonoid-lah yang menyebabkan peningkatkan performa ini. 

Nah, jika Anda atlit dan ingin meningkatkan performa mereka, tidak usah ragu-ragu untuk menjadikan dark chocolate sebagai “kudapan” sehari-hari sebelum latihan.

Baca juga: Studi Terbaru Perkembangan Anak di Inggris Nyatakan Vegetarian Lebih Pintar dan Empatik

admin's picture
Last seen: 3 hours 27 min ago
Joined: 1 Feb 2014 - 03:18

Tuliskan pendapatmu tentang artikel diatas