Kisah Hidup Edward Snowden Akan Hadir Di Layar Bioskop Bulan September 2016

Snowden Tayang September 2016 (sumber: www.static.independent.co.uk)

Selamat hari Jumat, Pibi! Akhirnya akhir pekan tinggal hitungan jam aja, ya.. Haha. Anyway, Pibi yang movie-goers tahu nggak bakal ada film soal Edward Snowden? Teaser-nya sih udah rilis duluan pertengahan tahun lalu. Tapi baru tanggal 27 April kemarin trailer resminya tayang. Dari trailer, siapa sutradara dan aktor-aktornya, Tim PalingBaru sih memprediksi ini film bakal keren banget!

Kita bahas dulu dari siapa sih Edward Snowden. Tahun 2013, Snowden sempat bikin geger pemerintah AS dan masyarakat dunia setelah dia membocorkan dokumen-dokumen rahasia AS yang dia dapat sejak jadi kontraktor NSA (National Security Agency). Bisa dibilang Snowden itu seorang jenius komputer. Dia masuk militer umur 20 tahun, bergabung dengan CIA umur 22 tahun, empat tahun kemudian pindah ke NSA dan pada umur 29 tahun jadi buronan negara. Dia dikenai pasal dalam Espionage Act dengan ancaman hukuman mati! Sekarang Snowden tidak berkewarganegaraan dan mendapat asylum dari pemerintah Rusia di Moskow. Film ini akan fokus di kisah perjalanan Snowden sejak di militer, CIA, NSA, dan ketika dia menjadi salah satu musuh utama pemerintah AS.

Joseph Gordon-Levitt Sebagai Edward Snowden (sumber: www.hype.my)

Sekilas perjalanannya ketika keluar dari NSA dan bersembunyi di Hong Kong direkam oleh sutradara Laura Poitras dalam film dokumenter ‘Citizenfour’ yang menang satu penghargaan Oscar. ‘Citizenfour’ bercerita saat Poitras dapat e-mail terenkripsi dari Snowden sebelum publik tahu siapa dia dan apa yang udah dia lakukan. Kemudian, Poitras dan mantan jurnalis The Guardian, Glenn Greenwald, terbang ke Hong Kong dimana Snowden sudah bersembunyi beberapa hari. Semuanya dilakukan secara diam-diam. Dalam kamar hotel di Hong Kong itu Snowden diwawancarai oleh Greenwald. ‘Citizenfour’ bisa jadi pengantar yang baik buat Pibi yang pengen nonton film ‘Snowden’.

‘Snowden’ berada di tangan terpercaya, yaitu, sutradara pemenang Oscar, Oliver Stone. Stone pernah menggarap, antara lain,  ‘Platoon’ (1986), ‘Nixon’ (1995), dan ‘JFK’ (1991) dimana ketiga-tiganya adalah film kelas Oscar dan Golden Globes. Stone juga jadi sutradara film ‘Wall Street: Money Never Sleeps’ tahun 2010 yang mendapat nominasi Golden Globes. Kalau Pibi lihat filmography Oliver Stone semuanya berkaitan sama topik-topik kontroversial. Cukup bisa disimpulkan kalau itu udah jadi spesialisasinya. Makanya, di tangan Stone sih sepertinya ‘Snowden’ akan sukses memukau penonton juga layaknya film-film besutan dia sebelumnya.

Oliver Stone, Sutradara ‘Snowden’ (sumber: www.thedailybeast.com)

Sedangkan buat aktor-aktornya juga nggak kalah elit lho, Pibi! Snowden akan diperankan oleh Joseph Gordon-Levitt yang hampir selalu cemerlang dalam aktingnya (Tim PalingBaru masih terpukau pas dia jadi Adam di 50/50). Kalau Pibi perhatikan di trailer ‘Snowden’, cara ngomong JGL pun hampir mirip Snowden asli! Wah, menghayati banget ya! Lalu, ada Shailene Woodley yang berperan sebagai Lindsay Mills, kekasih Snowden. Nah, yang paling bikin Tim PalingBaru “bahagia” setelah nonton trailer-nya adalah *drum roll* Nicholas Cage!!! Hahaha. Sarcasm detected. Cage disini jadi salah satu mantan mata-mata AS. Sayangnya, belum jelas siapa nama dan apa perannya yang lebih spesifik.

Nicholas Cage!!!

‘Snowden’ sih masuk daftar film yang wajib ditonton tahun ini menurut Tim PalingBaru. Buat Pibi yang suka film genre drama dan thriller berdasarkan kisah nyata, film yang bakal rilis September 2016 ini jangan sampai dilewatkan deh! Apalagi Edward Snowden yang asli udah approve film ini melalui Twitternya. Sekarang makin banyak deh pilihan film kamu di tahun ini!

Paling Baru's picture
Last seen: 6 hours 21 min ago
Joined: 1 Feb 2014 - 03:18