Fakta Paling Baru, Ternyata Makanan Yang Kamu Makan Dapat Mempengaruhi Kejiwaanmu

makanan yang mempengaruhi kejiwaanmu

Makanan itu tentunya sangat penting bagi tubuh kita. Kamu pasti sudah sering dengar kalau makanan bisa bikin gendut. Tapi kalau makanan yang bisa mempengaruhi kejiwaan, kamu pernah denger nggak?

Coba lihat ini. Menurut penelitian dari Tufts University, makan makanan yang nggak sehat akan berpeluang menyebabkan penyakit Alzheimer, Skizofrenia, ADHD, Depresi, Bipolar disorder, resiko bunuh diri pada anak muda, dan gangguan kejiwaan lainnya.  

Solusinya adalah dengan mengkonsumsi lebih banyak buah dan sayuran segar, memasak snack sendiri di rumah, mengatur jenis karbohidrat yang diserap perlahan oleh sistem tubuh kita, jadi kita harus menghindari kenaikan level gula dalam darah. Dengan hal-hal tersebut, berdasarkan riset maka bisa membantu kamu meningkatkan mood dan kejiwaan serta mengurangi resiko kesehatan jiwa kamu.

1. Konsumsi Buah dan Sayuran Segar

Mengkonsumsi buah dan sayuran segar adalah yang paling wajib buat kamu. Di dalam sayur dan buah terkandung vitamin, mineral, dan antioksidan yang bisa bikin kinerja otak kamu bekerja secara maksimal sehingga kamu bisa lebih fokus dan mengurangi tingkat stres/depresi.

2. Membuat Snack Rumah

Hampir setiap orang suka ngemil. Masalahnya adalah cemilan yang kita beli di luar itu kita nggak tahu apa kandungan di dalamnya. Ada 2 solusi buat kamu yang mau tetap bisa nyemil tanpa takut kamu bakan ngalamin gangguan kejiwaan.

Pertama, kamu bisa memasak/membuat snack di rumah. Ketika kamu membuat snack sendiri, hindari vitsin/bahan penyedap, pengawet, dan lain-lain. Solusi ini mudah karena kamu sendiri yang jadi control gizinya. Sehingga kamu bisa tentuin nutrisi apa yang terkandung dari snack kamu.

Kedua, kamu bisa tetap beli snack di luar tetapi sebelum membeli perhatikan label yang tercantum pada kemasan. Kemudian usahakan beli snack yang tanggal produksi dan kadaluarsanya tidak jauh karena semakin lama kadaluarsa maka pengawet yang ditaruh itu semakin banyak. Dan tentunya setelah kamu mengonsumsi snack itu, minumlah air yang banyak untuk menghajar racun yang terkandung dalam makanan kamu.

3. Mengatur Karbohidrat Yang Masuk Dalam Tubuh

Untuk berbagai kasus, kamu harus benar-benar mengatur karbohidrat yang masuk ke tubuh kamu. Cobalah berfikir bahwa kamu harus makan dengan porsi kecil, jangan sampe kenyang. Makan dengan porsi kecil tetapi sering. Ini bisa membuat keuntungan bagi emosional kamu. Karena ketika kamu lapar, kamu akan lebih rentan mengalami gangguan kejiwaan. Tapi sekalipun sering makan, perhatiin karbohidrat yang kamu makan, ya.

\

4. Mengurangi Pemakaian Gula

Mungkin ini bagian yang paling sulit, yaitu, mengurangi pemakaian gula. Perlahan kurangi pemakaian gula pada minuman, makanan, dan snack kamu. Selalu usahakan cari produk low-sugar.

Nah, kalau kamu udah tahu fakta-fakta ini, apa kamu masih mau lanjutin gaya hidupmu yang nggak sehat? Daripada di masa depan kamu mengalami gangguan kejiwaan, mending pelan-pelan mengubah kebiasaan, yuk! (DN/FM/RF/ST)

 

Baca Juga :

Manfaat Terbaru dari Cabai. Dibalik Pedasnya, Menyimpan Sejuta Kebaikan Untuk Kesehatan!

Temuan Terbaru: Coklat Bisa Tingkatkan Performa Olahraga

Gokil, Unik, Lucu, Menghibur.. Ini Berbagai Macam Gaya Cewek Saat Membawa Tas

Paling Baru's picture
Last seen: 8 hours 31 min ago
Joined: 1 Feb 2014 - 03:18