Filosofi Dibalik Desain Logo Olimpiade Rio 2016

Ada Fakta menarik mengenai event Olimpiade kali ini.  Event olahraga tingkat dunia tersebut digelar di Rio de Janeiro, Brasil. Kota di negeri Samba tersebut menjadi kota pertama di Amerika Selatan yang menjadi tuan rumah Olimpiade. Fakta tersebut tak hanya membuat Rio 2016 menjadi ajang yang spesial, tetapi juga pembuktian bahwa negara Amerika Latin tidak hanya bisa menggelar ajang sepak bola saja, kini mereka juga bisa menggelar ajang multisport.

Sungguh bukan perjalanan yang mudah bagi Brazil dalam pencalonan sebagai host tuan rumah Olimpiade 2016. Tidak tanggung tanggung, yang menjadi pesaing adalah kota-kota besar berskala internasional seperti Madrid, Tokyo dan Chicago. Namun pada akhirnya para publik kota Rio de Janeira bisa berbangga, karena berhasil mengklaim penyelenggaraan Olimpiade setelah sebelumnya sudah membuktikan diri pantas menjadi penyelenggara event tingkat dunia seperti piala dunia beberapa waktu lalu.

Setelah didaulat sebagai tuan rumah Olimpiade 2016, Rio de Janeiro langsung tancap gas mempersiapkan kotanya untuk event yang sudah ada sejak jaman Yunani kuno ini. Salah satunya adalah mempersiapkan logo Olimpiade Rio 2016.

Setelah melewati berbagai proses yang berliku, logo Olimpiade Rio de Janeiro 2016 akhirnya launching. Hanya beberapa jam sebelum perayaan Tahun Baru 2011 digelar, logo Olimpiade Rio 2016 diperkenalkan kepada publik. Logo yang dibuat oleh sebuah agensi lokal ini  sangat mencerminkan visi Rio dan Brazil terhadap Olimpiade kali ini, setidaknya hal itu diungkapkan oleh Presiden IOC, Jacques Rogge. “Logo yang sangat inovatif dan kreatif. Itu sangat mencerminkan visi Rio dan Brasil terhadap Olimpiade”, ujar Rogge. “Saya ingin mengucapkan selamat kepada tim dari Rio yang desainnya terpilih sebagai logo Rio 2016”, lanjutnya.

Saat kontes pembuatan logo ini dibuka, ada sekitar 140 agensi dari seluruh dunia yang berpartisipasi, namun kemudian disaring hingga ada delapan saja. Sampai pada akhirnya hanya ada satu tim agensi lokal yang desainnya terpilih sebagai logo Olimpiade empat tahunan tersebut. Logo ini terdiri dari tiga warna yang merupakan warna kebanggaan Brazil yaitu hijau kuning dan biru. Dalam logo tersebut, terdapat tiga orang yang saling bergandengan tangan dan sedang menari. Jika di lihat dengan seksama, bentuk outine logo ini berirama mengikuti bentuk sebuah bukit yang tak lain adalah ikon kota Rio.

Logo ini didaulat menjadi logo olimpiade pertama yang memiliki bentuk tiga dimensi. Hal ini sejalan dengan semangat komite olimpiade Rio de Janeiro untuk menyajikan olimpiade yang modern, futuristik dan modern.

Logo ini dibuat berdasarkan kepada empat pilar, yaitu penularan energi, keberagaman yang harmonis, alam yang riang dan semangat Olimpiade. "Logo untuk Rio 2016 mengirim pesan tentang gairah dan transformasi. Gairah warga Carioca (sebutan warga Rio) dan Brasil dalam hal olahraga dan perayaan," ujar Presiden Panitia Rio 2016, Carlos Nuzman, seperti dikutip ESPN

 

(ST)

Baca Juga:

Heboh Instagram Ganti Logo, Yuk Cari Tahu Kisah Awal dan Opini Masyarakat Disini!

Warner Bros. Baru Merilis Logo Resmi dan Sinopsis Cerita Pertama “Justice League”, Baca Selengkapnya Disini

Download Aplikasi Resmi Olimpiade Rio 2016 Agar Bisa Update Tiap Menit Langsung Dari Sumbernya!

Makin Jago Main Bola Dengan Sepatu Terbaru Nike: Magista 2

Bagi Pecinta Bola, Menyambut Weekend Kali Ini Palingbaru Memberikan Referensi Tempat Nonton Bola Yang Lagi Hits. Let’s See!

Paling Baru's picture
Last seen: 1 day 18 hours ago
Joined: 1 Feb 2014 - 03:18