e-Wadul, Aplikasi Android untuk Keluh Kesah Warga Surabaya

e-Wadul,

Di era teknologi yang semakin maju ada tuntutan terhadap setiap individu untuk selalu up to date. Selama ini kalangan pemerintah dianggap tidak bisa melakukan itu, terutama pemerintah daerah. Tapi, anggapan ini dipatahkan oleh Pemerintah Kota Surabaya yang dipimpin oleh Tri Rismaharini atau Bu Risma.

Kemarin, tanggal 31 Mei 2016, adalah Perayaan Hari Jadi Surabaya Ke-723. Saat itu juga, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Surabaya, Antiek Sugiharti, meresmikan aplikasi e-Wadul. Apa itu e-Wadul?

e-Wadul adalah aplikasi Android yang memudahkan warga Surabaya untuk melaporkan kondisi yang dikeluhkan kepada Pemerintah Kota Surabaya. Keluhan itu misalnya tentang jalan rusak, banjir, maupun saran-saran untuk perbaikan fasilitas umum. Ini dia tampilan muka aplikasi e-Wadul:

Tampilan Muka e-Wadul

Caranya sangat mudah, lho. Pertama, kamu harus registrasi dulu dengan mengisi data-data di atas, baru kamu bisa login. Setelah itu, kamu bisa mengisi profilmu, termasuk menambah foto profil. Kemudian, kamu cukup memilih menu (+) untuk melaporkan keluhanmu. Kamu bisa menuliskannya dan mengunggah foto keluhanmu. Keluhanmu akan langsung disampaikan kepada SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) untuk ditindaklanjuti. Mudah, kan?

Menu Profil dan Halaman Keluhan e-Wadul

Sebenarnya aplikasi seperti e-Wadul sudah ada sejak lama. Salah satu yang paling terkenal adalah aplikasi Colab yang menjuarai kompetisi AppMyCity yang diadakan oleh The Guardian dan disponsori The Rockefeller Foundation pada tahun 2013 lalu. Colab adalah aplikasi yang didesain oleh Bruno Arcaty dan diterapkan di Brazil.

Dengan aplikasi e-Wadul, bukan cuma kamu yang akan diuntungkan. Kamu juga bisa berkontribusi untuk memperbaiki kota Surabaya tercinta. Yuk! Buruan unduh aplikasi e-Wadul ini!

(RF/ST/FM)

Baca Juga: 

Tribe, Aplikasi Layanan Untuk Menonton Film Dari XL Yang Hari Ini Sudah Bisa Di Kamu Nikmati! Coba Sekarang Mumpung Masih Gratis!

Aplikasi Mobile Baru Dari Kecap Bango, Melestarikan Ribuan Resep Rahasia Warisan Kuliner Indonesia!

Aplikasi On Air Now, Fasilitas Baru Untuk Menyalurkan Kreatifitasmu

Google Baru Saja Merilis Aplikasi Untuk Iklan Adwords Express Di Indonesia. Aplikasi Ini Sangat Cocok Buat Kamu Yang Akan Mengiklankan Usahamu!

Jangan Ngaku PALING EURO Kalau Kamu Nggak Unduh Aplikasi Ini!

Paling Baru's picture
Last seen: 10 min 29 sec ago
Joined: 1 Feb 2014 - 03:18