5 Kuliner di Banyuwangi yang Tidak Boleh di Lewatkan! Nikmat dan Mantap Abis!!

Kota Banyuwangi terkenal dengan keragaman kulinernya yang khas. Ada banyak tempat wisata kuliner di Banyuwangi yang tersebar di sejumlah tempat dan selalu diburu para penikmat kuliner Nusantara. Tak kalah dengan Bali, Banyuwangi juga menyimpan sejumlah wisata kuliner yang unik. Kamu akan memperoleh pengalaman kuliner yang seru di kota ini. Berikut tim Paling Baru berikan daftar kuliner yang wajib kamu kunjungi saat ke Banyuwangi:

1. Rujak Soto

Rujak Soto (foto:Dream co.id) 

Kuliner Banyuwangi yang cukup tenar adalah Rujak Soto. Banyak penjaja soto rujak di kota Banyuwangi, yang direkomendasikan adalah Rujak Soto Bu Ning yang berada di Jl. Nusantara. Rujak Soto  merupakan jenis makanan perpaduan antara dua kuliner yang berbeda, yaitu Rujak dan Soto. Makanan ini terdiri dari berbagai aneka sayuran, lontong, tahu, dan tempe yang dicampur bumbu kacang, lalu disiram dengan kuah soto berisikan babat, cabe rawit dan sesuai “adat” rujak Jawa Timur, bumbu petis tentu jadi bahan utama rujak ini.

Baca Juga: Temuan Terbaru: Coklat Bisa Tingkatkan Performa Olahraga

2. Sego Tempong

Sego Tempong (foto: indonesiakaya.com)

Sego Tempong atau Nasi Tempong merupakan kuliner paling popular dan sering diidentikkan sebagai kuliner khas dan asli Banyuwangi. Sego Tempong dapat ditemui disemua wilayah di Banyuwangi, yang terkenal adalah Sego Tempong Mbak Sum yang terletak di Jl. A. Yani. Sego Tempong disajikan bersama nasi hangat dengan beragam sayur-sayuran, seperti daun singkong, daun kenikir, ketimun, terong dan kacang panjang. Lauk pendampingnya bisa apa saja, namun yang tidak akan ketinggalan adalah tempe, tahu, ikan asin dan perkedel jagung. Sego Tempong cocok sekali untuk kamu penggemar makanan pedas, karena memang sambal yang disajikan memanglah pedas. seperti namanya, Sego Tempong terdiri dari 2 kata yaitu sego yang artinya nasi dan Tempong berarti tempeleng. Dapat diartikan menu ini bisa membuat kamu merasa ditempeleng setelah melahapnya karena sambal yang disajikan super pedas.

Baca Juga: Event Seru Terbaru! Festival Kuliner Nusantara 2016 di Jakarta

3. Sego Cawuk

Sego Cawuk (foto: portalkbr.com) 

Sego Cawuk sangat pas dinikmati sebagai sarapan pagi. Disebut Sego Cawuk berasal dari kebiasaan masyarakat Banyuwangi yang ketika makan langsung menggunakan tangan.  Sego Cawuk yang terkenal adalah Sego Cawuk Mak Mantih yang menjajakan jualannya di Dusun Prejengan, Desa Rogojampi, Kecamatan Rogojampi, 15 km selatan dari pusat Kabupaten Banyuwangi. Makanan ini terdiri nasi dengan campuran parutan kelapa muda, jagung muda yang dibakar dan timun yang dibumbui cabai, bawang merah, bawang putih, asam dan diguyur dengan kuah pindang yang mantap.

4. Pecel Pitik

Pecel pitik (foto: siresep masakan) 

Pecel Pitik berbahasan dasar daging ayam dan dimasak secara khusus dengan bumbu yang khas. Makanan ini merupakan makanan yang sangat unik karena dalam penyajiannya terdapat campuran parutan kelapa, bumbu kacang dan bumbu pedas. Selain itu daging ayam yang digunakan merupakan daging ayam yang masih muda, sehingga memiliki tekstur daging yang lebih empuk. Makanan ini tak disajikan di warung-warung. Biasanya, Pecel Pitik hanya disajikan oleh warga di desa adat Kemiren ketika menjelang ritual adat seperti bersih desa atau acara syukuran saja. Namun, bagi kamu yang ingin mencobanya, bisa langsung datang dan memesan kepada warga Kemiren.

Baca Juga: Roti Berbentuk Bola Makanan Generasi Terbaru Produk “Eat the Ball”

5. Pecel Rawon

Pecel Rawon (foto: banyuwangibagus.com) 

Pecel rawon sudah menjadi makanan khas Banyuwangi. Makanan ini cukup mudah ditemukan mulai dari restoran hingga warung-warung kaki lima di Banyuwangi. Salah satu warung makan pecel rawon yang terkenal dan melegenda adalah Rumah Makan Pecel Ayu di Jalan Laksda Adisucipto 60, Banyuwangi. Sepiring nasi Pecel Rawon berisikan sayuran rebus seperti bayam, tauge, kacang panjang dan sambal pecel disiram dengan kuah rawon. Pelengkapnya adalah udang goreng, empal sapi, paru goreng kering dan rempeyek. Paduan sambel pecel dan kuah rawon menjadi keistimewaan Pecel Rawon ini. Kuah rawon kaya dengan rasa rempah, kaldu dan manis, pedas dari sambal pecel membuat kenikmatan menyantap Pecel Rawon semakin bertambah. (TR)

Tags: 
Paling Baru's picture
Last seen: 15 min 33 sec ago
Joined: 1 Feb 2014 - 03:18