Jangan Kaget! Ada Bus Berbahan Bakar Biometana Yang Berasal Dari Kotoran Manusia

Bagaimana jadinya jika ada kendaraan dengan bahan bakar kotoran manusia? Nah, di Inggris ada angkutan umum berupa bus yang menggunakan bahan bakar biometana. Bus ini bernama Bio Bus. Pada tau nggak biometana itu apa?

Hanya untuk menambah pengetahuan saja, bersumber dari Asia Biomass Handbook, biometana atau juga dikenal dengan sebutan biogas diproduksi dari bahan organic saat terurai, prosesnya adalah melalui biometanasi, yaitu mengubah bahan organic dalam limbah menjadi biometana dengan bantuan microbial tanpa adanya udara, yang dikenal sebagai pencernaan anaerobic.

Bahan bakar berupa biometana ini diproduksi di pabrik pembuangan kotoran di Wessex Water di Inggris dan di jalankan oleh perusahaan bernama GENeco. "Tenaga gas yang digunakan bio bus memiliki peran penting untuk meningkatkan kualitas udara di kota-kota Inggris," ujar Direktur GENeco kepada Bristol Post.

Bio Bus (sumber: novicesautostation)

Mungkin kalian bertanya-tanya, bagaimana aroma bahan bakar ini. Meski bahan bakar ini berasal dari bahan yang tidak lazim, akan tetapi bahan yang dihasilkan tidak beraroma dan justru ramah lingkungan. Bahan bakar yang digunakan bukan mentah dari sampah makanan dan kotoran. Namun yang dipakai adalah gas hasil fermentasi bahan tersebut. Gas ini jika dimasukkan ke dalam tangki bahan bakar bus secara penuh, bisa dipakai untuk berkendara sejauh 300 kilometer. Kebutuhan satu tangki ini kurang lebih sama dengan hasil gas metana dari kotoran lima orang selama setahun.

Dilansir Slate, Ian Drury selaku manajer GENeco mengatakan, bahwa belum ada keluhan dari orang-orang sejak awal beroperasi hingga kini tentang bus ini. Oleh karena itu, ia menganggap desain bus nya sudah sempurna.

Situs Wowkeren melansir, bus ini berisi 40 penumpang. Rute pertama Bio Bus ini adalah dari Bristol ke Bath, Somerset, dengan jarak sekitar 32 km. Bis ini pun diharapkan dapat mengangkut hingga 10 ribu penumpang tiap bulannya. Charlotte Morton, kepala eksekutif organisasi ramah lingkungan Anaerobic Digestion dan Bioresources Association juga mengatakan pendapatnya mengenai bis berbahan bakar unik ini. "Bis ini dengan jelas menunjukkan bahwa kotoran manusia dan sisa makanan kita yang terbuang merupakan sumber daya yang berharga," ujarnya.

Video Bio Bus (youtube)

(ST)

Baca Juga:

Lengkapi Mobil SUV-mu dengan Dapur SCOUT OVERLAND KITCHEN

2 Aksesoris Futuristik Sepeda dan Motor yang Harus Kamu Miliki!

Sepeda Listrik SUV Pertama yang Cocok Untuk Medan Off-Road

Bugatti Chiron Paling Baru Hadir Untuk Menggeser Tahta Bugatti Veyron

Mobil Harga 3M! Lihat Tampilan & Performa Lexus Terbaru LX 570

 

admin's picture
Last seen: 2 weeks 5 days ago
Joined: 1 Feb 2014 - 03:18

Tuliskan pendapatmu tentang artikel diatas